Thursday 31 January 2013

Salingsapa.com menggunakan script jcow

salingsapa.com jejaring social indonesiaYa situs Saling Sapa yang beralamatkan salingsapa.com itu merupakan jejaring social Indonesia yang baru dibangun dengan CMS open souce JCOW. Siapa saja bisa membuat social networking layaknya facebook yang populer saat ini.
Nah asik kan buat jejaring social sendiri seperti salingsapa.com dan bisa banyak user yang mendaftar. Hahaha tergantung asik atau tidaknya karena bukan mudahnya membangun social networking tapi biayanya yang tidak bisa dianggap enteng. Untuk domain sich murah hanya berkisar 100 ribu s/d 150 ribu paling mahal. Beban biaya besar itu untuk maintenance dan servernya. Bayangkan saja jika 10.000 user dengan masih twitt atau update status dan komentar 5 kali sehari berapa besar data yang ditampung server.
Membuat jejaring social seperti itu tidak bisa mengandalkan shared hosting ya minimal punya server sendiri dengan spacedisk besar. Kalau buat komunitas hanya 1000 user bisa aja sewa VPS misalnya atau share hosting dengan catatan tiap minggu data harus di hapus hehehe jadi tak ada historis perbincangan sebelumnya dunk.
Oke sedikit review tentang salingsapa.com
Pembuat situs salingsapa.com adalah Muhamad Yahya Harlan anak SMP berumur 13 tahun (2011). Walau pengembangannya masih perlu disempurnakan untuk ukuran jejaring sosial dalam negeri sangan cukup bagus. Pendahulunya dulu ada bulkum.com, cybermoslem.net ada juga temanku.net meskipun saya lebih suka cms yang digunakan teman saya disitusnya okkot.com (masih maintenance) yang memang telah menerjemahkan CMS tersebut dalam Bahasa Indonesia dan telah banyak digunakan oleh beberapa komunitas untuk jejaring sosialnya.
Lanjut review salingsapa.com. Saat mendaftar anda seperti biasa disuguhi beberapa opsi yang harus diisi di kolom pendaftaran tapi sayangnya saat mendaftar tidak adanya email verifikasi untuk user baru dan ini makin memperbayak spammers yang masuk. Memang server jadi leboh ringan karena tidak mengirimkan email autorespon untuk user baru.
Saat anda selesai mendaftar dan upload avatar sering bermasalah tapi mungkin saja memang server lagi overload maklum sosial networking baru dan server tak sebesar kaskus.us apalagi menyamai jawaranya facebook.com, friendster.com dan lainnya.
Selain itu fitur koneksi ke beberapa email juga belum ada apalagi seperti facebook dan twitter connect. Jadi untuk anda jangan mengharapkan kecanggihannya maklum yang buat masih SMP, tunggu dia Selesai kuliah mudah mudahan semakin cangggih setidaknya seperti koprol.com yang di akuisisi oleh yahoo.
Loh kok tidak ada bagusnya, masih standar ya…. jangan lemas dulu ada yang unik juga yaitu fitur Al-qur’an dan radio juga.
Kalau anda ingin membuat situs jejaring sosial silakan klik download CMS Jcow
Oke silakan mendaftar dan klik saja salingsapa.com

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment