Di game yang akan kita buat ini kita akan mengendalikan sebuah
telapak tangan untuk menghindari kotoran sapi yang jatuh selama mungkin.
Cara bermainnya sangat mudah anda hanya tinggal menggerakkan mouse saja
untuk mengendalikan tangannya.
1. Buatlah sebuah flash document dengan panjang 300px serta lebar 400px dan juga 12fps sebagai frame rate
2. Buatlah 3 buah layer dan berikan nama berikut pada masing-masing layer : Label, AS, Game.
3. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Label. Berikan
menu, game, gameover sebagai frame label pada frame 1, 7, dan 13
4. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer AS.
5. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Game.
6. Insert frame pada frame 20 di layer Label, AS, dan Game. Sehingga timeline akan tampak seperti di bawah ini:
Tampilan timeline pertama
7. Klik frame 1 pada layer Game kemudian buatlah sebuah persegi
panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan stage. Berikan warna
linear dengan kode #FFFFFF dan #003163 pada persegi panjang tersebut.
Copy persegi panjang tersebut dan paste-kan di frame 7 dan 13 pada
layer Game.
Gambar persegi panjang
8. Klik frame 1 pada layer Game kemudian buatlah sebuah static text
dengan tulisan MAIN. Gambarlah sebuah persegi panjang berwarna biru
dengan luas sama dengan luas text. Tempatkan persegi panjang tersebut di
tengah-tengah kalimat MAIN. Seleksi text dan persegi panjang lalu tekan
F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan main_btn sebagai Name dan
Button sebagai Type lalu tekan OK
9. Seleksi main_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:
1 2 3 4 |
on (release) { //mainkan frame berlabel game _root.gotoAndPlay("game"); } |
11. Klik kanan frame Down dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
12. Buatlah sebuah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan Hindari Kotoran Sapi!!! dan Hindari kotoran sapi yang datang selama mungkin dengan cara menggerakan mouse.
13. Buatlah gambar seperti di bawah ini :
Gambar hiasan di menu utama
14. Letakan objek-objek di frame 1 layer Game seperti di bawah ini:
Tampilan menu utama
15. Klik frame 7 layer Game kemudian gambarlah seperti di bawah ini:
Gambar pemain
16. Seleksi gambar tersebut lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan pemain sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK.
17. Klik Movie clip pemain dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul berikan pemain sebagai Instance name.
18. Pastikan anda tidak menyeleksi 1 objek pun di stage. Buatlah gambar seperti di bawah ini:
Gambar bom/musuh
19. Seleksi gambar tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan bom sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK
20. Hapus movie clip bom di stage kemudian bukalah panel Library dengan menekan Ctrl+L. Klik kanan movie clip bom di kotak Library dan pilih Linkage.
21. Pada kotak dialog Linkage Properties yang muncul berikan tanda centang pada Export for Actionscript dan masukan bom sebagai Identifier lalu tekan OK.
22. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.
23. Buatlah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan waktu dan :
24. Tatalah objek-objek di stage frame 7 layer Game seperti gambar di bawah ini:
Tampilan di frame 7 layer Game
25. Klik frame 13 layer Game. Buatlah sebuah static text dengan tulisan MAIN LAGI. Gambarlah sebuah persegi panjang berwarna biru dengan luas sama dengan luas text.
26. Tempatkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah kalimat MAIN LAGI. Seleksi text dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan mainlagi_btn sebagai Name dan Button sebagai Type lalu tekan OK
27. Seleksi mainlagi_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:
1 2 3 4 |
on (release) { //mainkan frame berlabel menu _root.gotoAndPlay("menu"); } |
29. Klik kanan frame Down dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
30. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.
31. Buatlah 5 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan Aaaaaarrrrggghhhhhh!!!!!!!, Anda Hanya dapat bertahan selama, Cucilah Tangan Dengan Sabun Sebelum Makan!, menit dan detik
32. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini :
Gambar hiasan di game over
33. Atur letak objek-objek yang berada di frame 13 layer Game seperti gambar di bawah ini:
Tampilan di frame 13 layer Game
34. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
1 |
stop(); |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 |
stop(); speed = random(5)+8; mili = 0; detik = 0; menit = 0; waktu_hidup = true; onEnterFrame = function () { //membuat waktu if (menit<10) { _root.minute = "0"+menit; } else { _root.minute = menit; } if (detik<10) { _root.second = "0"+detik; } else { _root.second = detik; } if (waktu_hidup) { mili++; if (mili == 12) { detik += 1; mili = 0; } if (detik>60) { menit += 1; detik = 0; } } }; pemain.onEnterFrame = function() { //mengganti kursor mouse Mouse.hide(); this._x = _root._xmouse; this._y = _root._ymouse; }; function buatbom() { //menempatkan movie clip berlinkage bom ke stage dengan posisi x di koordinat acak 300 dan posisi y di koordinat -50 animasi_bom = attachMovie("bom", "bom"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(300), _y:-50}); animasi_bom.onEnterFrame = function() { //kecepatan turun this._y += speed; //jika menabrak movie clip pemain if (this.hitTest(pemain)) { //nilai waktu_hidup diubah menjadi false waktu_hidup = false; //mainkan frame berlabel gameover gotoAndStop("gameover"); //hentikan clearInterval(Int); } //jika frame berada di lebih dari frame 12 if (_currentframe>12) { //hapus movie clip ini removeMovieClip(this); } //jika posisi y movieclip ini lebih dari atau sama dengan 410 if (this._y>=410) { //hapus movie clip ini removeMovieClip(this); } }; } //jalankan function buatbom setiap hitungan 450 Int = setInterval(buatbom, 450); |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 |
stop(); Mouse.show(); onEnterFrame = function () { //menampilkan waktu if (menit<10) { _root.minute = "0"+menit; } else { _root.minute = menit; } if (detik<10) { _root.second = "0"+detik; } else { _root.second = detik; } }; |
0 comments:
Post a Comment